Desain Furniture Kantor
Pendukung Tempat Kerja

Perabot atau furniture kantor,
merupakan bagian dari sarana dan prasarana yang berfungsi untuk menunjang berbagai macam aktivitas dan kegiatan administrasi. SepertiĀ kursi kantor, meja kantor, lemari rak buku, dan sebagainya.

Umumnya furniture kantor terbuat dari kayu, besi, aluminium atau jenis lain.

Apa itu Set Meja Kursi Kerja Kantor?

Bagi setiap kantor ataupun perusahaan tidak memungkiri bahwa, berkembangnya lini usaha menjadi besar merupakan salah satu dari tersedianya fasilitas-fasilitas yang memadai.

Terlebih untuk para karyawannya terutama pada bagian set meja kursi kerja.
Oleh sebab itu, set meja kursi kerja kantor merupakan bagian penting dari sebuah perusahaan. Hal tersebut dikarenakan kenyamanan akan berdampak langsung pada kinerja para karyawan sehingga bisa mencapai kinerja yang optimal.

Ada banyak pengaruh yang akan dirasakan oleh perusahaan ketika memperhatikan kenyamanan dan penggunaan meja dan kursi kantor. Mulai dari memberikan mood serta semangat kerja kepada para karyawan sehingga bisa meningkatkan produktivitas kinerja pekerja.

Beberapa Rekomendasi
Meja Kerja dan Kantor

Salah satu perabot atau furniture wajib yang harus ada pada setiap ruangan kantor ataupun ruang kerja adalah meja.

Karena bersifat penting, jenis-jenis meja pasti diperhatikan dan disesuaikan dengan tempat maupun kebutuhannya.

Berikut jenis-jenis meja kantor :

1. Meja Resepsionis

Pada umumnya saat pertama kali orang masuk ke sebuah kantor ataupun perusahaan, maka yang dilihat adalah meja resepsionis.

Oleh sebab itu, karena tempat peletakannya bisa dikatakan sangat krusial, pemilihan secara desain harus diperhatikan.

Meja resepsionis digunakan untuk menyambut para tamu yang datang ke kantor atau sebuah perusahaan. Jadi ada baiknya untuk memilih jenis desain yang menarik agar menciptakan citra baik terhadap suatu perusahaan tersebut.

2. Meja Komputer

Untuk jenis meja yang satu ini merupakan furniture yang paling wajib dalam kantor sebuah perusahaan.

Meja komputer adalah perabot penunjang kerja para karyawan dalam menyelesaikan setiap tugas dan pekerjaannya dengan komputer.
Oleh sebab itu, kenyamanan haruslah sangat diperhatikan untuk para penggunanya.

Meja komputer di desain khusus dengan beberapa ruang penyimpanan untuk meletakkan perangkat seperti monitor, keyboard, CPU hingga berkas-berkas lainnya.

3. Meja Meeting atau Rapat

Meja meeting ataupun rapat biasanya digunakan kantor untuk melakukan sebuah aktivitas bersama para karyawan atau kliennya. Seperti, bertukar ide dengan karyawan, biding tender dengan para kliennya, bahkan memecahkan masalah hingga berdebat.

Selain itu, tak hanya diperuntukkan secara internal, melainkan juga pada rapat-rapat bersama klien-klien penting.

Berdasarkan kegunaannya, meja rapat pada umumnya berukuran besar dari meja lainnya, karena difungsikan untuk orang banyak. Memiliki pola bentuk sangat beragam, mulai dari meja melingkaran, berbentuk kotak, dan meja segi 6 bahkan segi 8 (bisa disesuaikan dengan ruangannya).

Pilihan Terbaik Kursi Kerja dan Kantor

Jika meja merupakan furniture wajib yang harus ada di setiap ruangan kantor, maka akan terasa aneh apabila kursi tidak menjadi bagian wajib juga.

Kursi juga sama pentingnya seperti meja, kursi pun memiliki beberapa jenis dengan fungsi berbeda-beda.

Berikut jenis-jenis kursi kerja dan kantor :

1. Kursi Komputer

Kursi ini merupakan perabot utama dalam menunjang pekerjaan, terutama pada hal-hal yang berurusan dengan komputer.

Oleh sebab itu, sangat lah penting untuk memastikan kenyamanan penggunanya.

Kursi komputer pada umumnya disesuaikan dengan meja yang tersedia.
Hal tersebut dikarenakan supaya pekerja atau karyawan dapat bekerja secara efektif serta terasa nyaman.

Kursi komputer memiliki beragam jenis dan bentuk, namun tetap harus mengutamakan kenyamanan.

2. Kursi Meeting

Jenis selanjutnya yaitu kursi meeting.
Secara signifikan tak ada perbedaan dengan kursi lainnya, hanya saja bagian sandaran lebih condong ke depan. Bukan tanpa alasan, hal itu bertujuan agar para peserta atau orang-orang yang terlibat dalam pertemuan tetap terfokus pada materi meetingnya.

Secara desain, kursi meeting umumnya dibuat dan dipilih terlihat lebih eksklusif dan elegan. Poin tersebut dikarenakan salah satu bentuk penghormatan terhadap peserta meeting, dimana terkadang tak hanya secara internal saja, melainkan klien-klien penting yang memakainya.

3. Kursi Ergonomis

Kursi Ergonomis, merupakan salah satu kursi yang diperuntukkan untuk para pekerja dengan jam kerja panjang dan memiliki keluhan rasa nyeri pada leher, punggung dan bahu.
Bukan karena kursi ini memijat, namun desainnya dikhususkan guna mencegah hal-hal tersebut.

Kebanyakan hanya digunakan untuk leader, manager, maupun direktur.

Kursi ergonomis dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan kepada para penggunanya secara maksimal. Bahkan bisa menjaga postur tubuh agar tidak merasa pegal ataupun lelah akibat terlalu lama duduk.

Menggunakan kursi ini memang manfaatnya lebih banyak dibanding dengan jenis lainnya.

4. Kursi Tamu Lobi Kantor

Kursi tamu hampir mirip dengan kursi meeting secara pemilihan karena digunakan untuk orang-orang diluar kantor maupun juga klien penting.

Harus sangat diperhatikan dalam desainnya, sebab diperuntukkan untuk umum dan berpengaruh untuk citra kantor suatu perusahaan.

Secara desain, ada banyak perbedaannya dengan kursi meeting.
Kursi sofa tamu kantor tidak dirancang dengan menggunakan roda melainkan seperti kaki,
karena tidak membutuhkan pergerakkan.
Kursi tamu lobi kantor sama persis dengan kursi tamu di dalam rumah, tapi kebanyakan ukuran lebih besar. Karena penempatannya juga di ruangan yang cukup luas.

Hal tersebut merupakan salah satu fasilitas kantor untuk tamu.

5. Kursi Eksekutif

Sesuai dengan namanya,
Kursi eksekutif merupakan salah satu jenis kursi yang digunakan oleh para petinggi kantor ataupun perusahaan. Jangan heran jikalau kursi ini dirancang sedemikian rupa, mulai dari sandarannya, ukuran hingga bentuk.

Kursi eksekutif memiliki sandaran lebih tinggi hingga menopang kepala dan lembut dibandingkan dengan lainnya.

Di sisi lain, juga memiliki model atau bentuk yang terlihat sangat elegan namun tetap memprioritaskan kenyamanan pada penggunanya saat bekerja.

Lemari Rak Buku di Kantor

Pada dasarnya lemari rak buku
merupakan furniture tambahan wajib bagi kantor untuk menyimpan berbagai macam jenis file maupun buku-buku.

Dengan berbagai macam model, ukuran dan bentuk, juga harus disesuaikan pada peletakannya di suatu ruangan.

Jika lemari diperuntukkan khusus pada sebuah perpustakan kantor, maka akan berukuran lebih besar. Namun jika diletakkan hanya untuk sebuah ruangan kerja, ruang tunggu dan sejenisnya, desain minimalis menjadi pilihan.

Berbeda jika lemari rak tak hanya difungsikan sebagai tempat meletakkan buku, melainkan untuk menyimpan berkas-berkas penting, maka jenis yang digunakannya pun beda. Biasanya bahan logam dan memiliki keamanan ketat menjadi pilihan dalam penyimpanan dokumen atau berkas penting.

Itulah tadi pembahasan mengenai berbagai macam furniture kantor. Mulai dari jenis-jenis kursi dan meja beserta fungsinya hingga lemari rak buku.

Kenyamanan adalah hal utama yang harus diperhatikan, agar para karyawan mampu bekerja dengan optimal.