Beberapa Inspirasi
Furniture Ruang Tamu

Ruang tamu menjadi tempat untuk menerima rekan atau orang lain yang sedang berkunjung ke rumah. Dengan begitu, semua anggota keluarga lainnya pun juga bisa memanfaatkan ruangan ini guna berkumpul bersama dan bersantai.

Namun pastinya, Anda tidak akan membiarkannya kosong melainkan ada beberapa perabotan yang digunakan untuk mempercantiknya. Tidak heran jika kesan menawan pun semakin terasa.

Furniture yang ada dalam ruang tamu

Berbagai macam jenis furniture dengan fungsinya masing-masing terus bermunculan. Pastinya, setiap perabotan ini terbuat dari berbagai macam bahan dan memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Lantas apa saja yang diperlukan untuk membuat ruang tamu menawan dan nyaman?

1. Kursi tamu sofa mewah

Semua ruang tamu tentu memiliki dua hingga tiga kursi tamu sofa nyaman berukuran berbeda. Jenis sofa dengan bantalan di dalamnya ini akan memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang akan duduk di atasnya. Furniture ini menjadi hal wajib jika pemilik mempunyai ruangan dimana memiliki luasan cukup lebar.

Anda tidak hanya memperhatikan ukuran dari sofa saja melainkan juga harus mengamati kenyamanannya dengan memperhatikan bahan berkualitas. Pilihlah warna yang sesuai dinding ruang tamu, pastikan jika tidak begitu kontras namun tetap senada jika dilihat.

Kesan sofa mewah juga harus lebih dominan terlihat dalam ruang tamu Anda.

2. Sofa Minimalis

Kebanyakan orang cenderung memilih sofa minimalis untuk menyelaraskan ukuran ruang tamu.

Mulai dari model :

  • Sectional Sofa
    Merupakan perpaduan dari beberapa sofa dengan jumlah 3-5 dudukan untuk memenuhi ruangan, biasanya lebih dikenal bentuk L-shape dan U-shape.
  • Round Arm Sofa Minimalis Classic
    Mempunyai ciri-ciri bentuk sandaran tangan bulat dibalut dengan kain jok suede atau beludru.
  • Lawson Style Sofa
    Mengutamakan kenyamanan dan model yang kokoh, sandaran tangan lebih pendek dari sandaran punggung, bantalan dudukan yang tebal serta empuk sangat khas ada pada sofa ini.
  • Sofa Bed Minimalis
    Bisa digunakan untuk tempat tidur karena ukurannya yang bisa setel melebar seperti kasur, sofa ini sangat cocok ditempatkan pada ruang keluarga, tepatnya didepan TV.
  • Sofa Chesterfield
    Ukurannya termasuk dalam ukuran besar, maka dari itu kebanyakan orang memilih sofa ini untuk mengisi ruang tamu hanya cukup 1 sofa 3 dudukan. Terdapat banyak kancing yang menghiasi sandaran punggung dan beberapa area pada sofa ini. Sandaran tangan yang sejajar dengan sandaran punggung memperlihatkan kemewahan dalam keminimalisan.
  • Sofa Tuxedo
    Dalam berjalannya waktu semakin kesini, sofa ini banyak mendapatkan perubahan desain dan model. Namun sejatinya sofa ini diperkenalkan oleh Billy Baldwin atau yang lebih sikenal Billy B, sang desainer dari New York, Amerika Serikat. Bentuk sofa mengotak dihiasi paku-paku pines menambah kesan klasik modern.

3. Kursi Tamu Minimalis Jati

Di Jepara, kursi tamu minimalis jati adalah kursi yang tidak sepenuhnya minimalis karena masih ada ukiran dan lengkung-lengkung kayu yang sengaja dibuat. Bentuknya tidak terlalu besar namun cukup untuk ruangan kecil.

4. Cabinet Meja TV

Meja TV ini bisa dipilih dengan ukuran yang kecil namun harus memiliki sisi dekorasinya sehingga tidak terkesan monoton.

Umumnya furniture ini dibuat dari berbagai macam bahan mulai dari kayu murni dan kombinasi, aluminium, besi, PVC, kaca hingga material lainnya.

Anda bisa menyesuaikan tinggi dari meja TV ini sesuai dengan ukuran dari sofa keluarga dimana sebelumnya sudah dipersiapkan. Kini sudah banyak pilihan desainnya sehingga dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan pemiliknya.

Misal jika ingin gaya arsitektur minimalis, maka pilihlah yang terkesan simple. Begitupun sebaliknya, jika ingin gaya luxury silahkan pilih furniture berukuran besar dan dominan warna emas. 

5. Lemari Hias Pajangan

Tidak hanya menempatkan sofa besar saja, namun Anda juga bisa meletakkan beberapa lemari hias sebagai pelengkapnya.

Umumnya perabotan ini akan berguna untuk menyimpan barang-barang pajangan, kebanyak Ibu-ibu sering menyimpan piring dan gelas antik yang harganya mungkin super mahal.

Terutama jika memiliki ruang tamu luas, maka furniture ini menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi kekosongan sudut ruang berukuran besar.

6. Drawer dan Meja Console

Pemilik rumah bisa menambahkan dua atau tiga buah drawer dan meja cosole dalam melengkapi dekorasi sehingga tidak terlihat monoton.

Penambahan figura di atas drawer atau meja console juga menambah kesan luas untuk ruangan kecil, dan ruangan besar akan menambahkan nilai kemewahan.

7. Kaligrafi dan Hiasan Dinding

Ruang tamu yang tidak memiliki hiasan dinding pasti akan terlihat membosankan dan kosong.

Anda bisa mensiasatinya dengan menambahkan kaligrafi dan hiasan dinding lainnya seperti rak. Sebagai tempat meletakkan barang-barang dekoratif bertujuan agar ruangan tetap tampak segar dan nyaman bagi orang di dalamnya.

Kaligrafi dari kayu jati atau mahoni dengan finishing warna natural, sebelumnya bisa menjadi pilihan untuk menampilkan artistik. Tentunya furniture ini akan membuat dinding ruangan rumah Anda tetap indah, sekaligus membuat tamu-tamu Anda sekilas melihat dan membaca ayat Al-Quran dalam kaligrafi tersebut.

8. Furniture Multifungsi Lainnya

Bagi yang ingin menciptakan ruang tamu dengan kesan minimalis, maka akan mengutamakan penggunaan furniture multifungsi dimana memiliki banyak kegunaan dalam suatu perabotan.

Salah satunya yaitu memilih meja sekaligus terdapat laci untuk menyimpan beberapa barang.

Meja ini terkesan minimalis lantaran tidak mempunyai banyak sisi dekoratif di permukaan sisinya. Sementara drawer laci yang menjadi satu bagian ini dapat dibuka secara manual dengan menarik bagian luarnya. Anda juga bisa meletakkannya di ruang tamu untuk meminimalkan penggunaan ruang penyimpanan.

Bagaimana Cara Menata Ruang Tamu?

Umumnya ruang tamu akan memberikan kesan pertama yang akan dilihat oleh orang-orang dari sebuah hunian.

Tentu Anda tidak mau, jika ruang pertama rumah Anda memiliki nilai kurang baik bagi para rekan atau saudara ketika mereka datang berkunjung.

Lantas bagaimana cara menatanya?

1. Mulailah dari Perabotan Wajib

Pertama Anda harus memperhatikan,
apa saja sebenarnya perabotan wajib yang perlu diletakkan pada suatu ruang tamu.

Tentu saja ruangan ini tidak selalu memiliki furniture serupa dengan rumah lainnya. Alhasil, bisa secara bebas berkreasi untuk menciptakan tempat tinggal sesuai kepribadian.

Selain itu,
juga bisa menyesuaikan berdasarkan kepribadian masing-masing.
Misalnya jika pemilik rumah memang suka bersosialisasi dengan orang banyak, maka siapkan beberapa sofa atau kursi sebagai tempat duduk tamu.
Dimana kemungkinan lebih tinggi jika teman dan saudara sering hadir.

2. Perhatikan Tempat Duduk

Anda tidak perlu bingung lagi untuk menentukan sofa atau kursi yang lebih pantas diletakkan di ruang tamu.

Hal ini bisa disesuaikan dengan luasan ruangannya.
Pastikan pula ukurannya sesuai dan masih menyisakan tempat kosong lainnya demi memudahkan mobilisasi orang-orang di dalamnya.

Bagi yang sering menerima tamu maupun menghabiskan banyak waktu di ruangan ini, maka lebih cocok untuk memilih sofa dengan adanya bantalan agar terasa empuk dan nyaman.
Sementara jika pemilik rumah jarang menggunakannya, maka bisa memakai kursi tanpa bantalan busa, sehingga terlihat minimalis.

3. Pemilihan Meja Tamu

Banyak orang beranggapan bahwa adanya meja tamu ini hanya akan mempersempit ruangan saja. Tentunya anggapan ini memang kurang tepat jika berhasil mendapatkannya secara baik dan fungsional.

Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan luas yang ada sehingga tidak terlihat berlebihan.

Anda bisa menggunakan side table apabila ruang tamu memiliki luasan terbatas. Kehadiran meja ini tidak akan mempersempit ruangan serta memudahkan orang-orang untuk meletakkan barang di atasnya.

Bukan hanya itu saja, pemilik rumah tentu memerlukannya jika ingin menyajikan minuman.

4. Tempat Penyimpanan

Jangan hanya berfokus pada keindahan perabotan saja,
pastikan jika furniture yang sudah dipilih juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan sekaligus.

Hal ini diharapkan guna meminimalkan penggunaan tempat sekalipun memiliki banyak sekali barang seperti buku dan dekorasi dinding untuk disimpan.

Anda bisa memanfaatkan ruang di bawah kursi yang digunakan sebagai laci atau kabinet kecil.
Pilihlah juga meja dengan fungsi sekaligus sebagai rak.

Harapannya penyimpanan barang dapat dilakukan tanpa harus menghadirkan lemari besar terutama jika tidak memiliki ruangan luas di dalam rumah.

5. Penataan Ruang Tamu dari Pemilihan Warna Dinding, Furniture yang Tepat, dan Dekorasi Hiasan Pelengkap

Cara penataan ruang tamu tentu tidak akan terlepas dari finishing dinding yang hendak diaplikasikan.
Langkah ini menjadi cukup penting lantaran tembok merupakan elemen dominan untuk mempengaruhi suasana dalam ruangan.

Bagi yang ingin memiliki hunian minimalis, maka hindari penggunaan warna-warna terang secara berlebihan.
Hal ini hanya akan membuat mata menjadi lelah ketika memandangnya.
Namun warna-warna terang juga terlihat bersih dan ada efek kesan luasnya. Mengenai warna dinding merupakan sebuah selera masing-masing orang.

Tentukan konsep matang-matang dari awal, jangan sampai keliru yang akan membengkakkan budget rencana.

Kemudian sesuaikan dengan memilih furniture secukupnya baik dari bahan kayu atau aluminium.